SD Negeri Banjaragung yang letak geografisnya di daerah pegunungan yaitu di sebelah tenggara gunung Sumbing dengan udara yang sangat sejuk didirikan pada tahun 1983, dengan Nomor Statistik Sekolah : 101030812037, dan NPSN : 20307931.
SD Negeri Banjaragung yang beralamatkan di Dusun Tuguran, Desa Banjaragung, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang dengan kepemilikan dan status tanah adalah hak pakai dengan luas tanah 1880 m2, dan luas bangunan 633 m2.

Lokasi SD Negeri Banjaragung dapat dikatakan tidak strategis, karena terletak di pinggir sebelah Utara Desa Banjaragung, yaitu di Dusun Tuguran. Dusun Tuguran ini merupakan dusun paling Utara wilayah Desa Banjaragung. Sebelah Utara SDN Banjaragung merupakan tanah persawahan yang menghubungkan Desa Sukomulyo. Sebelah Timur dan Barat Dusun Tuguran adalah tanah pertanian yang sangat luas. Sedangkan Sebelah Selatan Dusun Tuguran merupakan Krajan Desa Banjaragung. Di Krajan Banjaragung ini terdapat pondok pesantren yang tokoh-tokohnya merupakan pendiri dari Sekolah Madrasah. Sehingga siswa-siswi yang sekolah di SD Negeri Banjaragung sebagian besar hanya berasal dari satu dusun, yaitu Dusun Tuguran saja. Hal ini mengakibatkan jumlah peserta didik di SD Negeri Banjaragung belum pernah melebihi angka 100. Ironis, memang! Tapi, kami selalu berupaya dan bersemangat dalam melaksanakan tugas dengan Visi sebagai berikut: “Terciptanya Insan yang Bertaqwa, Berbudi Luhur, dan Unggul dalam Prestasi” adapun Misi yang ditempuh adalah sebagai berikut.
  1. Membiasakan hidup tertib dan jujur
  2. Menanamkan budi pekerti luhur
  3. Melaksanakan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan.
SD Negeri Banjaragung meskipun dengan segala kekurangannya, alhasil pada penilaian akreditasi pada tahun 2008 mendapat status “BAIK”.

Kondisi sosial ekonomi sekolah yang didukung oleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sangat menunjang dalam proses pembelajaran, karena orang tua / wali murid yang sebagian besar keadaan ekonominya menengah ke bawah dan mayoritas bermatapencaharian sebagai buruh yang penghasilannya kurang dari satu juta per bulan.

Penulis
LANDUNG YUDYANDOKO, S.Pd

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes