Seiring perjalanan waktu, sistem pedataan siswa di sekolah sekolah mulai dilaksanakan secara OnLine, baik mulai dari tingkat SD/MI/SDSB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB maupun SMK.

Profesionalisme Operator dari tiap sekolah sangat diharapkan, karena sistem data ini langsung bisa di akses oleh pusat Dinas Kependidikan Propinsi.

Nah di web. SD Negeri Baanjaragung ini, sebagai admin blog sekaligus sebagai Operator dari SD Negeri Banjaragung, akan sedikit berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan pendataan siswa / anak didik secara OnLine, meskipun banyak diantara Operator lain telah mengetahui, tapi tidak ada salahnya Panduan ini dipublikasikan sebagai catatan pribadi atau mungkin akan bisa membantu bagi Operator sekolah lain yang belum memahami.

Panduan bergambar dibawah diharapkan mampu dipahami dengan mudah, dan bisa membantu bagi operator sekolah yang membutuhkannya.
(langkah demi langkah ditunjukkan dengan teks warna biru)
  • Silahkan kunjungi alamat URL Data Pendidikan Propinsi disini : http://data.pdkjateng.go.id/ atau untuk langkah cepatnya CLIK DISINI 
  • Terbuka halaman Bio Sistem Online, Pendataan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Silahkan anda pilih Kategori Sekolah dengan meng-CLIK pada kategori tersebut. ( disini penulis memakai Kategori SD/MI/SDLB, karena unit kerja penulis ada di SD )
*Lihat gambar dibawah untuk kategori SD/MI/SDLB, silahkan anda clik seperti yang ditunjukkan kotak warna merah.

  • Halaman Login

   Pastikan pada menu Sekolah
  1. Username  :  Diisi dengan username sekolah anda (untuk username biasanya telah ditentukan)
  2. Password   :  Kata sandi / kata rahasia, isilah password yang mudah anda ingat, karena password ini sangat menentukan untuk masuk di kemudian hari.
  3. Security Code : Adalah kata rahasia yang ditunjukkan didalam kotak, silahkan anda ketik Security Code yang muncul, apabila salah memasukkan akan diulang.
  4. Login         : Setelah semua persyaratan diatas terisi dengan benar clik Login untuk masuk pada Lembar Kerja pengisian data.
  • Lembar Kerja Pendataan
Keterangan Masing-masing Kategori


No. 1 : Berisi data sekolah, (secara otomatis telah terisi apbila username yang dipakai adalah resmi)
No. 2 : Pilihan Kategori dari Entri Guru Mapel UN, Data Siswa, Update Profil (profil Sekolah), Update Password, dan pilihan Keluar / Logout jika telah selesai dalam lembar kerja ini.

Cara memasukkan Data Guru Mata Pelajaran UN
Langkah-langkahnya Perhatikan gambar dibawah ini, ikuti seperti yang ditunjukkan anak panah merah


Selanjutnya akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini :


Pada Kelas VI akan tersorot warna Orange karena Ujian Nasional dilaksanakan oleh Murid kelas VI
Nama Sekolah akan muncul pada teks warna merah gambar diatas.
Kelas, silahkan anda memilih kelas VI
Paralel Kelas, adalah jumlah ruang pada kelas VI tersebut, apabila cuma satu ruang berarti paralel 01, jika dua = 02 dan seterusnya.

setelah KELAS dan PARALEL KELAS dipilih akan muncul JUMLAH SISWA silahkan masukkan jumlah siswa Sekolah Anda dalam kelas VI tersebut (ditunjukkan lingkaran merah) kemudian clik Tampilkan (ditunjukkan panah merah) lihat gambar dibawah :
  • Setelah terbuka halaman ISIAN anda diminta melangkapi data yang diperlukan, dengan mengetik / memilih pada kolom-kolom yang telah disediakan.
  • Apabila dalam kolom tersebut terdapat tanda * (bintang) berarti kolom tersebut tidak boleh dilewati dan harus di isi, apabila ada pengisian salah akan muncul peringatan.
  • Setelah semuanya terisi sebelum menyimpan 'SAVE jangan lupa clik pada kotak kecil DATA TELAH DIVALIDASI, agar pengisian data bisa masuk ke server pusat pendataan.
(lihat gambar dibawah untuk kolom validasi


Untuk pengisian DATA SISWA langkah-langkahnya sama dengan diatas, perbedaannya hanya pada kategori pilihan menu.
  • memasukkan Guru Mapel UN pada menu Entri Guru Mapel UN
  • memasukkan Data Siswa pada menu Data Siswa
Apabila terjadi kesalahan dalam memasukkan data, anda bisa melakukan pengulangan dengan cara mengedit atau hapus data yang telah diberikan

Untuk Guru Mapel 
Kotak Biru Menambah daftar Guru Mapel
Kotak Hijau Meng Edit data yang telah ada
Kotak Merah Menghapus daftar Guru Mapel

Untuk Data Siswa
Kotak Biru untuk meng-Edit data siswa
Kotak Merah untuk menghapus data yang telah ada

PERHATIAN !
Setiap melakukan editing atau memasukkan data jangan lupa untuk me-CLIK tombol VALIDASI seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Demikian sedikit panduan untuk Sistem Pendataan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat, baik bagi penulis maupun untuk pembaca semuanya.

UPDATE - Panduan Pengimputan Nilai
Salam dari penulis :
Merajut komunikasi, menjaring potensi
Landung Santoso

22 komentar:

Unknown mengatakan...

Diberitahukan kepada rekan2 OP sekolah, dalam sistem pendataan Online ini.Mulai awal bulan Desember 2012 untuk login ke sistem mengalami error, username dan password dinyatakan salah. Menurut saya mulai awal Desember sistem pendataan tlh ditutup. Ada informasi, apabila ada perubahan menunggu DNT turun.

Unknown mengatakan...

Buat Rekan Anissa: Maaf pesan tidak saya publikasikan krn anda menulis username dan password sekolah, agr menjaga dari publik dari hal2 yang tdk di inginkan. Spt pesan anda, itu terjadi hampir ke semua sekolah. termasuk SDN BANJARAGUNG, SDN Sutopati 2, dan sekolah yang lain.

Anonim mengatakan...

ass. apa benar pendataan siswa un 2013 sudah ditutup?

Unknown mengatakan...

Dari informasi Mbk Dewi, dari UPT Kajoran, bio sistem online sistemnya sedang ditutup, waktu itu saya tanya knp saya tidak dapat login.info tgl.26 Januari 2013

Anonim mengatakan...

pak mau tanya, kok saya nulis username dan password salah-salah terus. petunjuknya apa supaya benar?

Unknown mengatakan...

Supaya benar : Petunjuknya username dan Password dicatat.
diusahakan password benar benar aman, orang lain tidak mudah untuk menebak, jika sudah ditebak dan dibajak harus di reset password dengan masternya, silahkan koordinasikan dengan Operator UPT

Anonim mengatakan...

SANGAT MEMBANTU SEKALI INFORMASINYA
TERIMA KASIH BANYAK!!!!!

Anonim mengatakan...

pak mau tanya saya sudah mencatat username dan password nya, td sore masih bisa untuk membuka, tp td saya login lg username dan passwordnya salah salah terus padahal sudah sesuai dengan yg saya catat dan yang saya gunakan tadi sore (bisa login) knp ya?bagaimana biar bisa login lagi?terima kasih

Unknown mengatakan...

comment diatas ini sebenarnya username dan password sudah benar, krn pada tanggal 16 April 2013 sekitar pukul 12.00 s.d tgl 17 April 2013 server sedang update databasenya, jadi kita tidak bisa login, Pass dan User tidak terdeteksi.
Pada tanggal 17 April 2013 skitar pukul 19.00 (yang saya ketahui) Bio Sistem sudah bisa diakses tetapi belum maksimal, hanya untuk Mapel UN dan KKM saja yang bisa di input datanya.
Semoga saja dalam, server lekas pulih dengan kuota yang besar sehingga kita bisa input data dengan nyaman.

Anonim mengatakan...

pak, mau tanya, saya sudah ngentri nilai rapor salah satu mapel, trus saya klik validasi, pas mau ngentri nilai mapel lain kok ngga bisa, bagaimana yaah? tolong dibantu, terima kasih

Anonim mengatakan...

sampai detik ini sy blm berhasil masuk ke bio sistem? pie ki mas?

Unknown mengatakan...

Anonim 1
(disini yang ditanyakan validasi entri nilai raport ) Entri nilai raport setau saya bukan validasi, tetapi "SIMPAN SEMUA NILAI" validasi dilakukan setelah semua nilai,kkm,kehadiran.dan yang lainnya terisi.Dalam pertemuan di gedung PGRI bbrp waktu lalu, clik validasi setelah mendapat perintah dari Pak Latif atau atas kehendak sekolah masing2 dengan disaksikan KS jika semua telah valid. Jika anda telah masuk halaman validasi dalam entri raport dan telah di kirim sebaiknya anda datang ke Dinas terkait untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut krn blm saatnya validasi.
Anonim 2
Saat ini Bio Sistem Online sudah bisa entri nilai tetapi hanya mapel UN (sampai saat ini 18 April 2013 - 19.32PM mapel yang lain belum bisa) - coba periksa username danpassword login jika coneksi Internet anda bagus

Anonim mengatakan...

pak saya ketik user n pswrd kok tdk terkoneksi mlh ada tulisan pswrd n user expired?

iqbal mengatakan...

pak mau tanya
ini gimana a pak tadi saya udah entri nile dibiosistem
tapi belum semua tak masukin
katanya yg 3mapel dulu
nah trus uda tak validasi
jalan keluare gimana ya pak?
ini biosisteme uda engga bisa buat entri nile lg

Unknown mengatakan...

Jika entri nilai dan telah divalidasi, bio sistem otomatis tertutup untuk entri nilai lagi, Njenengan coba datang ke UPT untuk mendapat kebijakan untuk kirim nilai melalui prient out

Unknown mengatakan...

Maaf pak,salam kenal saya operator dari SD di Kecamatan Gabus,Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah.
sampai selarut ini aku masih mencoba masuk bio system namun tidak bisa,password or user name invalid terus.
padahal conect internet data speedy dan cepat..
apa mungkin benar masih ditutup karena system sedang update database..??
terimakasih..

Unknown mengatakan...

Saat ini tgl 28 April 2013, Pkl 08.49. Untuk Sistem Pendataan Online, bisa login dengan baik.
ada 2 link untuk login dalam pembagian kota
http://datasd.pdkjateng.go.id untuk Kab/Kota 01 - 22 dan
http://datasd2.pdkjateng.go.id untuk Kab/Kota lainnya.
Jika tetap tidak bisa login dalam waktu berlainan, mungkin username dan Password telah direset oleh sistem krn pengaruh maintenance sistem itu sendiri, coba koordinasikan dengan Operator UPT terkait, hal ini pernah saya alami, tetapi alkhamdulillah bisa saya reset ulang sendiri Password loginnya.

Anonim mengatakan...

pak, tadi malam saya memasukkan nilai agama bisa. tapi sekarang saya memasukkan mapel yg lain kok tidak bisa? saya TIDAK mengklik validasi. apa benar udah ditu2p?

Unknown mengatakan...

Saya kurang faham apakah input nilai sudah ditutup atau belum, informasi yang saya dapatkan dari UPT Disdikpora Kec. Kajoran, Input nilai dilaksanakan dari informasi diberikan sampai 1 minggu sebelum pelaksanaan UN.
Untuk wilayah Kerja Kajoran tanggal 27 April 2013 telah selesai.

Anonim mengatakan...

pak bagaimana pengaruhnya jika tidak mengirimkan pritout nilai atau hanya mengirimkan 3 mapel yang untuk UN saja?

Unknown mengatakan...

Jika prient out nilai yang dikirim?Kemana?
Prient out tersebut menurut saya hanya sebagai arsip untuk dinas terkait.Yang penting semua mapel telah di input nilainya pada sistem pendataan online.

Anonim mengatakan...

pak bagaimana caranya untuk ngeprint out data yang sudah diinput selain tiga mapel UN, karena akses sekolah sudah ditutup, dan sekolah kami ada dua mapel yang belum mengunduh hasil penginputan data....

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes