Membuat email, adalah sebuah keharusan bagi anda yang ingin mempunyai sebuah akun di Internet, baik jejaring sosial maupun pembuatan web, bahkan untuk situs-situs tertentu mengharuskan memasukkan data email untuk bisa meng-aksesnya.
Disini saya mencoba membahas cara membuat email gmail dan yahoo.Saya mulai dengan email gmail dulu ea.. dan untuk email yahoo, silahkan anda meluncur kebawah. 
MEMBUAT EMAIL GMAIL
 
Langsung aja saya berikan langkah-langkah membuat email di gmail (google.com)

1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, dan buka browser kesukaan anda Mozila Firefox, Chrome, Opera, atau bisa pake Internet Explorer

2. Masukan alamatnya urulnya http://mail.google.com/ atau  http://gmail.com . Sehingga tampil gambar seperti di bawah ini. Kemudian pilih tombol [create an account] atau Buat Akun yang berada di pojok kanan atas


3. Lalu masukan identitas kamu pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, tidak jauh berbeda dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com.
Perhatikan contoh pengisiannya di bawah ini.

4. Pendaftara pada akun gmail lebih ketat dari akun yahoo, sehingga kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel. Caranya tinggal masukkan nomor ponsel kamu pada  Kolom nomor telepon seperti gambar di bawah ini.

5.  Setelah masukkan nomor ponsel, silahkan cek kotak sms yang ada di ponsel kamu. kamu akan mendapatkan sms kode verifikasi dari google seperti gambar di bawah ini.


6. Masukkan kode dalam sms tersebut ke dalam kotak kode verifikasi yang telah ditampilkan seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tombol Verifikasi


7. Jika kode verifikasi yang kamu masukkan benar, kamu akan di bawa ke halaman selanjutnya, seperti gambar di bawah ini. Di halaman ini Kamu boleh mengupload Foto profil, atau langsung klik pada tombol  langkah berikutnya.

8.  Setelah melewati tahap di atas, kamu telah berhasil membuat email.  Untuk langkah berikutnya, silahkan klik tombol  Lanjut Ke Gmail.

9.  Nah, seperti inilah tampilan antar muka Dashboard Gmail kamu.  Di dalam sini kamu bisa menulis email, mengirim email, menerima email, dan juga membaca email.  Selain itu kamu juga bisa chating langsung dengan teman kamu yang juga pengguna gmail.


Cara Sign out atau keluar dari Gmail.com

Untuk keluar dari gmail kamu harus klik tombol sign-out dulu, dan jangan langsung klik exit pada jendela browser kamu.  Jika kamu tidak klik tombol sign-out dulu dan langsung klik exit, nanti suatu saat jika ada orang lain yang membuka situs gmail.com pada komputer yang baru saja kamu gunakan, ada kemungkinan  yang tampil adalah account gmail kamu, tentu saja hal ini tidak baik. karena  isi email kamu bisa dilihat orang yang tidak kamu ingin.

Hal di atas biasanya terjadi ketika pengguna mengakses  email di warnet, pengguna terkadang lupa menekan tombol Sign out. Lain halnya jika yang digunakan komputer atau laptop pribadi. Karena laptop pribadi umumnya hanya pemiliknya yang menggunakan.

Untuk sign out klik pada alamat emailmu di pojok kanan atas, kemudian klik Sign Out.
Perhatikan gambar di bawah ini

Jika sudah sign-up kemudian kamu ingin membuka email atau mengakses kotak masuk gmail kamu, langkahnya cukup mudah, kamu tinggal akses http://mail.google.com atau gmail.com jika sudah tampil jendela gmail, masukkan username email, dan password kamu, kemudian klik tombol Sign in maka kamu akan di bawa ke kotak masuk gmail kamu…

Itulah penjelasan mengenai langkah-langkah membuat email di gmail
Kelebihan dari email gmail ini bisa digunakan untuk membuat blog di blogspot
Untuk membuat blog/blogspot silahkan anda kunjungi alamat www.blogspot.com

Selamat mencoba
  • Membuat email gmail silahkan clik tombol icon dibawah ini :

MEMBUAT EMAIL YAHOO

Membuat email yahoo hampir sama dengan membuat email gmail
Bagi sobat yang belum tau ikuti langkah-langkah berikut ya..

NB: sambil membaca panduan silahkan klik tombol dibawah ini untuk pendaftaran email yahoo


Langkah-langkah :
  • Siapkan catatan, koneksi Internet, dan buka browser kesayangan anda Mozila Firefox, Chrome, Opera, atau bisa pake Internet Explorer.
  • Tulis pada pencarian google kata Yahoo - Pilih Yahoo Indonesia
  • Muncul beranda yahoo - pilih Buat Account
  • Lembar pengisian data lengkapi semua data yang diminta, lihat keterangan gambar
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi Pertanyaan Rahasia* (kenapa dikatakan rahasia...??) Karena pertanyaan dan jawaban disini bisa untuk me-reset password email anda apabila password email anda lupa, nah.... nah..nah....(tips : pilih pertanyaan dan jawab secara unik, mudah di ingat dan orang lain tidak mudah menebak, cara jadul reset email oleh oknum :P, dan simpan juga pertanyaan dan jawaban anda ..... biar buku catetan terpakai , he..he..he....), Masukkan  kata acak yang muncul untuk menghilangkan spammer pada tempat yang tersedia
  •  Setelah berhasil melalui proses pendaftaran, akun email anda sudah jadi, Perhatikan tanda panah merah dibawah (menunjukkan ada 1 email masuk yang perlu anda ketahui, klik salah satu
  • Email masuk akan muncul pada pemberitahuan
  • Setelah anda mempunyai email di yahoo, silahkan pergunakan dengan sebaik mungkin, disini pembahasan membuat email yahoo telah selesai, kata Selamat datang di Yahoo! pada gambar diatas menunjukkan anda telah memiliki email, panduan menulis email atau kirim data melalui email Insya Alloh akan saya bahas pada tutorial berikutnya atau anda bisa search ke google.
  • Setiap anda Sigh in email dan telah selesai, pastikan anda Sigh out/keluar sebelum menutup browser anda, nah cara untuk keluar, jangan langsung disilang pada browser, tetapi menggunakan langkah seperti berikut:
- Perhatikan pojok kanan atas halaman email anda
- Pada nama anda contoh : Halo Oryza silahkan anda klik, kemudian pilih Sigh Out/Keluar.
- Perhatikan keterangan gambar dibawah

Selamat Mencoba semoga berhasil
silahkan anda kunjungi alamat ini http://id.yahoo.com/ untuk mulai membuat email yahoo, atau silahkan link icon dibawah ini untuk mempermudah sambil membaca panduan ini

Demikian panduan membuat email gmail dan yahoo, semoga bermanfaat untuk anda.
Jangan lupa.... sering-sering berkunjung kemari ya..!!
Thank's

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes