NSSS 101030812037
NPSN 20307931
Nama Sekolah SDNEGERI BANJARAGUNG
Status Sekolah Negeri
Status Akreditasi B
Alamat BANJARAGUNG KAJORAN MGL
Kode Pos 56163
Email sdnbanjaragung@yahoo.co.id
Website http://sdnbanjaragung.blogspot.com/
Kepala Sekolah
Nama NURUDIN
NIP 1960601 198608 1 002

I. Latar Belakang

Pendidikan Nasional yang berakar pada Kebudayaan Bangsa Indonesia dan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkwalitas, dan mandiri sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya, serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Sekolah Dasar sebagai suatu lembaga pendidikan merupakan suatu sumber utama data kependidikan, yang sangat diperlukan oleh para pelaku pendidikan untuk melaksanakan tugas atau profesinya. Kepala Sekolah dan Guru sangat memerlukan data-data tentang siswa, kurikulum, sarana dan sebagainya.

Data pendidikan yang terdapat di sekolah sangat banyak macam dan jenisnya. Ada yang bersifat relatif tetap, dan ada juga yang selalu berubah. Untuk mendapatkan gambaran perubahan data dari waktu ke waktu, perlu sekali dilaksanakan pencatatan secara teratur dan berkelanjutan. Dalam rangka melaksanakan pendataan sekolah, perlu ditunjang dengan serangkaian kegiatan administrasi.

Komite Sekolah SD Negeri Banjaragung sebagai mitra dalam pengelolaan pendidikan tidak dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana sekolah. Kamipun menyadari untuk merealisasikan kemandirian sekolah dilaksanakan secara bertahab, terencana dan terprogram terus menerus juga membutuhkan waktu yang relative lama, disamping itu pelaksanaannya perlu mempertimbangkan faktor penentu, yaitu sumber dana.
Keadaan sosial budaya dan ekonomi masyarakat tempat sekolah kami berada sebagian besar berpenghasilan menengah kebawah, dengan sebagian besar sebagai buruh tani dengan penghasilan di bawah satu juta rupiah per bulan. Kondisi seperti ini kurang memberi harapan dalam mengerakkan dan menghimpun sumberdaya/swadaya dan partisipasi masyarakat terhadap perencanaan pengembangan sekolah.

II. DENAH 
 
III. SUSUNAN KOMITE SEKOLAH   

Berdasarkan rapat pada hari Senin, tanggal 21 Juni 2010 bertempat di Ruang Kelas VI SD Negeri Banjaragung, yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Penjaga, Orang Tua Siswa / Wali Murid Kelas I – VI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Komite Sekolah, diputuskan bahwa susunan Komite Sekolah periode 2010/2011 sampai 2014/2015 adalah sebagai berikut :

Ketua: SUGENG SUPANGAT
Sekertaris:
       1. SOKHIB
       2. LANDUNG YUDYANDOKO, S. Pd 
Bendahara:
       1. KASAN
       2. JAMALUDIN, S. Pd
Anggota:
            a. DULLAH AFANDI
            b. TOHIR
            c. SUKIR
            d. ROFIATUN, S. Pd. I
            e. TRI ANDRIYANI, A. Ma. Pd
            f. SITI ASIYAH, S. Pd

IV. VISI DAN MISI SD NEGERI BANJARAGUNG

SD Negeri Banjaragung mempunyai misi, sebagai berikut :
“Terciptanya Insan yang Bertaqwa, Berbudi Luhur, dan Unggul dalam Prestasi”.

Adapun visi-visi yang ditempuh dengan cara:
1.    Membiasakan hidup tertib dan jujur
2.    Menanamkan budi pekerti luhur
3.    Melaksanakan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan.

V. KEADAAN GEDUNG
   
Pada saat didirikan pada tahun 1983, SD Negeri Banjaragung mempunyai 1 unit gedung yang terdiri dari 4 ruang kelas, dan 1 Rumah Dinas Kepala Sekolah, dan 1 Rumah Dinas Penjaga. Kemudian pada tahun 1992 dibangun lagi 1 ruang yang dipergunakan untuk Ruang Kantor.

        Sejak didirikan pada tahun 1983, SD Negeri Banjaragung baru 1 kali mengalami rehab gedung, yaitu pada tahun 2010. Yang direhap pada tahun itu adalah 1 unit gedung terdiri dari 4 ruang kelas. Pengembangan dari rehab itu adalah terwujudnya 1 unit yang terdiri dari 1 ruang, yang saat ini dipergunakan untuk ruang kantor. Ruang kantor lama dipergunakan sebagai ruang kelas.

        Adapun 2 Rumah Dinas, sejak berdiri sampai sekarang belum pernah mengalami rehab, hal ini mengakibatkan kondisinya semakin parah, dapat dikatagorikan rusak berat. Saat ini Rumah Dinas tersebut dimanfaatkan sebagai gudang dan dapur.

VI. KEADAAN MURID

Berikut adalah keadaan siswa SD Negeri Banjaragung 3 (tiga) tahun terakhir:

VII. KEADAAN GURU DAN KARYAWAN


VIII. KEADAAN SARANA PRASARANA :
  • Luas Tanah :  1880  M2
  • Luas Bangunan :    633  M2
  • Luas Pekarangan :  1.247 M2
  • Ruang Kelas :  5  ruang
  • Ruang KS/Kantor :  1  ruang
  • WC Guru:  1  ruang
  • WC Siswa :   5 ruang
  • Meja Guru :   5 buah
  • Kursi Guru :  7   buah
  • Almari :  19  buah
  • Meja Murid :   63 buah
  • Bangku Murid :   63 buah
Penulis : LANDUNG YUDYANDOKO, S. Pd.
Posted and Editing by Admin  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes