“Di Dalam Badan yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Sehat”. Itulah salah satu slogan yang terpampang di dinding tiap ruang SD Negeri Banjaragung. Meski hanya berbentuk tulisan yang sangat sederhana, dan dari bahan yang sederhana pula, tapi bukan hanya hiasan di dinding saja. Semua warga sekolah telah bertekat bulat untuk menjadikan rentetan kata tersebut menjadi slogan yang penuh dengan makna.
Hal ini dibuktikan dengan kesungguhan warga sekolah dalam menjaga kesehatan. Salah satu cara yang ditempuh dengan melakukan kegiatan olah raga. Karena warga sekolah telah menyadari betapa besar manfaat dari berolah raga

Beberapa manfaat olah raga bagi kesehatan kita:
  1. Meningkatkan kemampuan otak kita.Olah raga bisa meningkatkan kadar oksigen di dalam darah kita dan mempercepat sirkulasi darah dalam tubuh kita terutama ke otak. Hal tersebut dipercaya bisa meningkatkan kemampuan otak kita.
  2. Menunda proses penuaan.Proses penuaan merupakan hal yang alami dan pasti terjadi, akan tetapi dengan olah raga proses tersebut bisa di kurangi lajunya.
  3. Mengurangi stress.Dalam kehidupan manusia sekarang ini stress adalah penyakit yang sering mendatangi kita karena tekanan hidup, tekanan pekerjaan, tekanan ekonomi dan masalah-masalah kehidupan yang lain. Dengan olah raga kita bisa mengurangi kadar stress dalam kehidupan kita.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh kita. Aktivitas olah raga bisa meningkatkan hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin, dimana hormon-hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.
  5. Menambah rasa percaya diri. Dengan olah raga yang teratur kita bisa mengontrol berat badan kita, sehingga kita bisa mencapai berat badan ideal dan kita memperoleh postur tubuh yang proporsional yang secara langsung bisa menambah rasa percaya diri kita.

 
(Sumber: http://gayahidupsehat.org/manfaat-olah-raga-bagi-kesehatan/#ixzz2AycnvAum)

Menyadari betapa besar manfaat dari kegiatan berolahraga tersebut, maka SD Negeri Banjaragung melaksanakan kegiatan olah raga tidak hanya dilakukan pada saat jam pelajaran olah raga saja, tetapi ada tambahan waktu khusus, yaitu tiap pagi hari Sabtu melaksanakan “Kegiatan Senam” bagi seluruh warga sekolah.

Penulis : Landung Yudyandoko, S. Pd.

Posted and editing by admin

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes