Pada tanggal 04 Nopember 2012, LT II Penggalang tingkat SD / MI se kwaran Kanjoran  kembali di gelar di pelataran UPT Kajoran. Kegiatan tahunan kepramukaan tersebut disambut baik oleh peserta penggalang tiap sekolah SD maupun MI, hal itu terlihat dari suasana yang cukup meriah kerena dihadiri sekitar 53 kontingen yang terdiri dari Sekolah Dasar (SD) sebanyak 29 kontingen dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 24 kontingen.


Upacara pembukaan Lomba Tingkat II Penggalang 04 Nopember 2012, Kwaran Kajoran, berlangsung dengan hikmat.


Bpk Djubad, S. Pd. Selaku Pembina upacara dalam pembukaan LT II Penggalang Kwaran Kajoran memberi pengarahan dan motivasi kepada peserta Penggalang yang ikut dalam upacara pembukaan tersebut, beliau tak henti-hentinya memberi masukan akan peranan organisasi Pramuka di Indonesia, penanaman dari tingkat dasar yang kuat dan kokoh akan membentuk jiwa Patriotisme yang tinggi sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Setelah upacara selesai, peserta penggalang mulai mengikuti kegiatan lomba,
Untuk Pelaksanaan Lomba yang dilakukan diarea UPT Kajoran antara lain :

  1. Lomba Sandi Simapore, lomba ini dilaksanakan bersama-sama seluruh peserta Penggalang setelah upacara pembukaan, dilanjutkan dengan
  2. Lomba Hasta Karya
  3. Pentas Seni, 
  4. Ketangkasan (meniti diatas bambu)
  5. Pengetahuan Umum.

Mengantisipasi penumpukan peserta setelah lomba Simapore dan Hasta Karya, sebagian Peserta Penggalang di arahkan untuk melakukan Wide Game,  dengan rute  : UPT Kajoran - Sangen - Si Tugur - Dsn. Tuguran - Dsn. Banjaragung - Dsn Gondangan - Kajoran.
Dalam wide Game tersebut peserta melewati sekitar lima pos untuk menyelesaikan perlombaan yang telah dijadwalkan.

Perlombaan yang di lakukan dalam widegame :
  1. Menghafal Nama Nabi dan Malaikat.
  2. Menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur'an.
  3. Menggambar Sketsa Panorama.
  4. Ketajaman Penglihatan
  5. Menggambar dengan mata tertutup.
  6. PBB.

SD N BANJARAGUNG, masih dalam wilayah Kwaran Kajoran tidak ketinggalan mempersiapkan diri untuk mengikuti LT II Penggalang Kwaran Kajoran tanggal 04 Nopember 2012 tersebut.
SD N Banjaragung mengirim dua regu, satu regu Putra (Regu Elang) dan satu regu Putri (Regu Melati) juga beberapa guru pendamping. Dengan penuh semangat regu Elang dan Melati berangkat dari SD N BANJARAGUNG  menuju UPT KAJORAN mengendarai pick up terbuka, senyum  riang tersunging di bibir mereka.

Setelah sampai di lokasi Regu Elang dan Regu Melati berbaur dengan peserta lain untuk melaksanakan acara demi acara yang di selenggarakan pihak panitia, rasa riang gembira berkumpul bersama kelompok regu dari sekolah lain, sebuah pengalaman baru, sebuah catatan pribadi di benak siswa siswi murid SDN BANJARAGUNG.

Acara demi acara dilaksanakan dengan lancar, mulai dari Upacara pembukaan sampai dengan selesai.
Rasa letih, lelah mengahiri kegiatan tersebut, sebuah kebanggan muncul di benak putra putri regu SDN BANJARAGUNG. Dalam pelaksanaan LT II Penggalang Kwaran Kajoran 2012 tersebut, regu putra maupun putri tidak mendapatkan predikat juara namun pelaksanaan ini telah membentuk sebuah pengalaman baru, sebuah dasar untuk memupuk rasa percaya diri.
Sebuah semangat untuk gigih berlatih, itu yang timbul di benak putra putri dari SDN BANJARAGUNG untuk bisa memperbaiki diri agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam kegiatan Pramuka mendatang.

Dokumentasi Foto Upacara Pembukaan LT II Penggalang 2012
Klik Untuk melihat

Dokumentasi Kegiatan Lomba Regu Elang
Klik Untuk melihat

Dokumentasi Kegiatan Lomba Regu Melati
Klik Untuk melihat

Daftar Peserta Penggalang Gudep SDN Banjaragung


  • Regu Elang

KTA REGU ELANG

KTA REGU ELANG

KTA REGU ELANG


  • Regu Melati

KTA REGU MELATI

KTA REGU MELATI


Sedikit uraian yang penulis sampaikan kepada pembaca tentang Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka adalah sebagai berikut :

Tri Satya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh: 

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjalankan pancasila. 
  2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat 
  3. Menepati Dasa Dharma

Pengertiannya:

  • Tri Satya merupakan janj seorang Pramuka yang harus dtepat. 
  • Pramuka berjanji dengan Tri Satya, dengan sepenuh kehormatannya dan ia selalu berusaha memenuhi janjinya itu demi kehormatannya semata. 
  • Kewajiban kepada Tuhan, jelas ia harus memeluk suatu agama yang dinyakini. Segala ajarannya dilakukan dan segala larangannya dihindarkannya. 
  • Kewajiban kepada negara, seorang Pramuka akan selalu berusaha menjunjung tinggi kehormatan dan kewibawaan negaranya (Indonesia) dengan jalan tunduk kepada hukum yang berlaku, menghormati benderanya, melaksanakan dasar negaranya menghayati lambang negaranya, mengakui pemerintahannya, dan menghayati lagu kebangsaannya. 
  • Mengamalkan Pancasila, dengan jalan melaksanakan dan menjalankan tuntunan tindakan ajaran P-4.
  • Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, sudah dijelaskan dalam uraian Dasa Darma. Sedang mempersiapkan diri untuk membangun masyarakat, seorang penggalang harus mencari ilmu di sekolah dan pengetahuan di masyarakat agar kelak setelah dewasa ia menjadi manusia yang berguna. Segala ketrampilan ia pelajari sebaik-baiknya untuk persiapannya dikemudian hari.

Dasa Darma Pramuka
Setiap anggota Gerakan Pramuka wajib memahami isi dan makna Dasa Darma Pramuka yang merupakan ketentuan moral. Dalam kegiatan Pramuka di tingkat gugus depan, Dasa Darma menjadi materi  wajib di setiap tingkatan, baik penggalang, ramu, rakit, dan terap.

Jika dilihat dari isi materi tersebut, ternyata
Dasa Darma memiliki nilai kandungan dalam diri manusia sebagai pribadi manusia seutuhnya. Metode penghafalan materi tersebut dalam kegiatan Pramuka sudah banyak yang diperkenalkan oleh para pembina, dengan cara tersendiri.

Dasa Darma Pramuka 
Pramuka itu

  1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan ksatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira.
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
  8. Disipilin, berani, dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.
Pengertianya sebagai berikut :

Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai pribadi yang lemah, kita harus menyembah Tuhan YME. Dia adalah pencipta yang ada di bumi dan di langit dan segala makhluk yang terlihat maupun tidak terlihat. Sebagai pribadi lemah dan ciptaan-Nya, kita wajib menjalankan perintah-Nya. Misalnya, sebagai muslim mengerjakan salat lima kali sehari semalam, membaca Alquran, puasa, dan lain-lain.
Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Selain sebagai makhluk pribadi, kita juga sebagai makhluk sosial. Artinya, makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri. Kita perlu teman, bergaul, bertetangga. Kita tidak bisa hidup tanpa orang lain, kita membutuhkan bantuan orang lain.

Patriot yang sopan dan ksatria. Sebagai Pramuka, kita harus berperilaku yang sopan. Tindak-tanduk dalam bersikap dan bertutur kata harus diperhatikan. Kesopanan melambangkan pribadi seseorang di tengah-tengah pergaulan dalam masyarakat.

Patuh dan suka bermusyawarah. Dalam situasi dan kegiatan apa pun, anggota Pramuka wajib taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku, dan dalam kegiatan Pramuka selayaknya bermusyawarah dalam mengambil keputusan terbaik dan memuaskan.

Rela menolong dan tabah. Pramuka senantiasa rela dalam menolong tanpa membedakan agama, warna kulit, suku, dan sebagainya, dan harus didasari oleh hati yang ikhlas, tulus, tanpa
diembel-embeli oleh sikap ingin dipuji. Dalam setiap perjuangan itu seorang anggota Pramuka harus tabah menghadapi gangguan, tantangan, hambatan, dan hambatan.

Rajin, terampil, dan gembira. Anggota Pramuka itu harus rajin melakukan sesuatu yang positif. Kegiatan ketika ia berada dalam pembinaan Pramuka harus diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari. Jangan rajin karena waktu penggodokan dalam kegiatan, tetapi harus dibuktikan ketika ia di rumah, di sekolah. Dalam melaksanakan kegiatan itu pun harus dilaksanakan dengan senang dan gembira.

Hemat, cermat, dan bersahaja. Ada ungkapan yang mengatakan "hemat pangkal kaya". Betul sekali dengan berhemat, tidak menghambur-hamburkan uang untuk jajan, tidak berhura-hura untuk kepentingan sesaat merupakan awal menjadi orang kaya. Pramuka harus cermat dalam pengeluaran uang,
memprioritaskan apa yang harus dibeli atau didahulukan, dan mana yang tidak perlu janganlah dibeli. Meskipun ia kaya, seorang Pramuka jangan sombong di depan orang lain, jangan
angkuh, bersahaja dalam bergaul.

Disipilin, berani, dan setia. Anggota Pramuka harus hidup dengan disiplin, baik dalam waktu belajar di sekolah, bermain, dan sebagainya. Kalau Pramuka seperti itu maka hidup tak akan gratis, tetapi akan berguna dalam mencapai cita-cita. Anggota Pramuka harus berani karena benar, tetapi takut karena salah. Jangan berani karena kesalahan, beranilah karena kebenaran. Pramuka harus setia terhadap janji setianya karena itulah nilai-nilai luhur pribadi manusia.

Bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Setiap anggota Pramuka harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah ia perbuat, jangan lari, jangan lempar batu sembunyi tangan. Ia harus konsekuen karena ini adalah modal dari kepercayaan terhadap kita.

Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Inilah pribadi manusia yang sejati, bersih pikiran, tidak
ada iri dan dengki.

Jika semua anggota Pramuka memahami itu semua, insya
Allah ia akan menjadi pribadi yang tangguh, bermanfaat bagi diri
sendiri, bangsa, dan negara.


Demikian pelaksanaan Lomba Tingkat II Penggalang Kwaran Kajoran, semoga arsib dokumentasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua, kususnya untuk SDN Banjaragung.

Bagi pembaca yang ingin mendapatkan materi tentang Tri Satya dan Dasa Darma berikut penjelasan seperti yang penulis sampaikan di atas, silahkan anda download filenya dengan me-clik link dibawah ini karena dalam web ini penulis tidak mengijinkan copy paste :
Download Materi Try Satya dan Dasa Darma


Authors, published by admin

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes